Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

Pengadilan Negeri Tuban

Putusan PN Tuban

E Court

e Tilang

Asisten Virtual PTSP

Penelusuran Perkara

SIWAS MARI

SMS Perkara

Rapat Bulanan 3 Desember 2019

Pada hari Selasa, tanggal 3 Desember 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Tuban yang beralamat di Jl. Veteran No.8 Tuban, telah berlangsung Rapat Dinas.

                Pertemuan dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Tuban dan diikuti oleh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, Karyawan/ti  serta seluruh tenaga honorer di Pengadilan Negeri Tuban dengan susunan sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Arahan dari Ketua Pengadilan Negeri Tuban
  3. Arahan dari Sekretaris Pengadilan Negeri Tuban
  4. Arahan dari Panitera Pengadilan Negeri Tuban
  5. Saran dan masukan
  6. Penutup

PEMBUKAAN

                Rapat dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Tuban dengan mengajak kepada semua peserta rapat untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa agar rapat dan semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung bersama-sama.

ARAHAN KETUA PENGADILAN NEGERI TUBAN

  1. Untuk seluruh warga Pengadilan Negeri Tuban diharapkan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan terkait hari kerja dan jam kerja.  Menghimbau kembali untuk seluruh hakim dan pegawai agar mencermati Perma No.7,8,9 tahun 2016 terntang Disiplin Kerja.
  2. Terkait minutasi, hasil evaluasi kecepatan input ke dalam SIPP pada bulan Oktober justru PP yang dibebankan tugas tambahan lah yang paling baik. Untuk Hakim, Panitera Pengganti, dan Juru Sita setiap hari wajib melihat MIS secara rutin dan berkala, yaitu 3 kali dalam sehari.
  3. Untuk Sekretaris, diharap untuk mempersiapkan Document Control Area I-VI dengan baik. Bila perlu lakukan sharing kepada koordinasi masing-masing untuk dilakukan evaluasi.
  4. Pengelola anggaran dihimbau untuk melakukan transparansi anggaran guna menampilkan alokasi dan penyerapan anggaran di Pengadilan Negeri Tuban. Sebaiknya ditampilkan di ruang terbuka sebagai bentuk transparansi publik di Pengadilan Negeri Tuban, agar masyarakat umum dapat mengetahuinya.
  5. Hasil evaluasi IKM terhadap pelayanan PTSP dari masyarakat rata-rata menunjukkan kepuasan. Hanya ada yang mengeluhkan mengenai ruang PTSP yang kurang sejuk dan pelayanan yang kurang cepat. Hal tersebut dirarapkan untuk dijadikan perhatian kedepannya untuk memberikan pelayanan yan lebih baik.

ARAHAN DARI SEKRETARIS PENGADILAN NEGERI TUBAN

  1. Kepada Bagian Umum diharapkan untuk mempersiapkan kelengkapan rapat sebelum pelaksanaan rapat dimulai. Kedepannya akan dilakukan rolling penempatan tenaga honorer kepaniteraan dan kesekretariatan.
  2. DIPA Pengadilan Negeri Tuban Tahun 2020 sejumlah Rp. 5.105.305.000 dengan alokasi terbesar untuk pembayaran gaji dan tunjangan pegawai yaitu senilai Rp. 3.723.001.000..
  3. Gaji tenaga honorer mengalami kenaikan pada tahun 2020 yaitu:
    1. Untuk security dan pengemudi naik menjadi Rp. 3.300.000
    2. Untuk Pramubakti naik menjadi Rp. 3.000.000
  4. Untuk seluruh civitas Pengadilan Negeri Tuban diharapkan untuk melakukan penghematan terkait penggunaan anggaran. Dan bagi yang membawa barang inventaris kantor maupun menggunakan kendaraan dinas, apabila tidak digunakan dihimbau untuk segera dikembalikan ke kantor.
  5. Tenaga honorer diharapkan lebih kompak dan saling bekerjasama serta tidak apatis.

ARAHAN DARI PANITERA PENGADILAN NEGERI TUBAN

  1. Kepada Panitera Pengganti dan Jurusita diharapkan untuk lebih meningkatkan kepatuhan minutasi.
  2. Petugas PTSP saat istirahat sebaiknya menghentikan pelayanan akan tetapi hatus konsekuen dan tepat waktu, pada saat jam istirahat berakhir semua petugas harus kembali melayani masyarakat.
  3. Kedepannya akan dilakukan evaluasi terkait SIPP setiap 6 bulan yang dilaksanakan oleh Panitera dan semua Panmud dimana sistem penilaian para Panitera Pengganti akan dilakukan secara transparan. Serta akan terdapat reward and punishment terkait hasil penilaian tersebut.
  4. Untuk meminimalisasi resiko dari hal-hal yang tidak diinginkan , jangan ada meja kecil atau kursi ringan yang bisa diangkat di dalam ruang sidang.
  5. Ceklis kebersihan ruangan harus diisi, untuk kamar mandi wajib disediakan sabun.
  6. Usahakan membuat barcode untuk Document Control untuk mempermudah pengadministrasian secara elektronik.
  7. Website dihimbau untuk dilakukan update setiap harinya, upload kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Pengadilan Negeri Tuban.

Selanjutnya Rapat dinyatakan selesai oleh Ketua Pengadilan Negeri Tuban, dan kemudian rapat ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Tuban.







Translate ยป